15 Penyebab Kulit Menjadi Gelap dan Kusam

0
117

Penyebab Kulit Menjadi Gelap – Tidak aneh kala orang Indonesia bilang idamkan miliki kulit yang putih. Hal tersebut terhitung dibuktikan bersama dengan banyaknya orang yang berkenan mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi beroleh kulit putih bersih. Mulai dari lulur, lotion pemutih, mandi susu, hingga infus vitamin sebagai upaya beroleh warna kulit idaman, yakni yang lebih cerah dan bersih.

Entah kenapa orang Indonesia banyak yang idamkan miliki kulit putih bersih. Walaupun ada yang berkulit putih, tidak sama bersama dengan putih bule atau Asia Timur, Indonesia cenderung kuning langsat. Mungkin gara-gara mayoritas kulitnya sawo matang, kali, ya?

Walau bagaimana pun, warna kulit adalah bantuan Tuhan yang harusnya disyukuri. Akan tetapi, demi menjawab pertanyaan banyak orang kenapa kulit mampu menggelap, Kamini bakal membahasnya di bawah ini.

Kenapa Kulit Gelap?

Dr Nick Lowe dari Klinik Cranley adalah tidak benar satu dokter kulit terkemuka di London. Dr Lowe dan timnya adalah ahli dalam semua situasi dan juga perawatan kulit, rambut, dan kuku. Menurut Dr Nick Lowe, kulit menjadi lebih gelap gara-gara pigmentasi. Bagaimana terjadinya pigmentasi? Semua bermula ketika kulit terpapar sinar UVA yang menembus jauh ke dalam kulit dan menyebabkan penuaan.

Sinar UVA menstimulasi sel-sel pigmen yang disebut sebagai melanosit untuk mengolah pigmen yang bernama melanin. Pigmen ini bertanggung jawab untuk menyebabkan kulit muncul lebih gelap. Produksi melanin ini sebetulnya merupakan upaya untuk menghambat munculnya kanker kulit.

Akan tetapi, warna kulit tidak cuma terbujuk oleh melanin. Faktor keturunan (genetik), lingkungan, makanan dan minuman (gizi), dan juga penyakit mampu memengaruhi warna kulit seseorang. Selengkapnya, mari lihat lebih lanjut mengenai penyebab-penyebab kulit menjadi gelap.

Penyebab Kulit Gelap

1. Kulit Kering

Kulit Kering

Salah satu penyebab kulit terlihat gelap adalah karena kulitnya kusam. Jika kulit kusam, berarti kulit Anda dalam kondisi kurang kelembaban alias kering. Cara mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan pelembab saat pagi dan malam hari agar kulit terhidrasi dengan baik.

2. Jarang Eksfoliasi

Jarang Eksfoliasi

Pernahkah Anda mendengar tips untuk mencerahkan kulit adalah dengan melakukan lulur? Lakukanlah, karena tips ini benar adanya. Walaupun tidak akan membuat kulit Anda langsung kinclong bersinar, jika rutin eksfoliasi atau lulur, maka sel kulit mati dan kotoran akan terangkat dari kulit. Sehingga, kulit Anda pun akan terlihat lebih cerah.

3. Panas-panasan

Panas-panasan

Sepertinya semua orang sudah tahu kalau panas-panasan itu otomatis kulit Anda bakal gosong. Kadang kulit Anda jadi “belang” karena ada bagian tubuh yang tertutup pakaian. Lebih menyebalkan lagi ketika muncul bercak-bercak cokelat atau hitam yang terlihat mengganggu.

Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan tabir surya. Sunscreen, sunblock, alias tabir surya wajib dimiliki oleh orang-orang yang aktif di luar ruangan. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang merupakan pemicu munculnya pigmentasi.

4. Hormon

Hormon

Tahukah Anda, kalau hormon merupakan faktor penyebab kulit gelap yang sangat berpengaruh? Wanita yang sedang menstruasi, mengandung, pemakaian alat kontrasepsi, mengonsumsi pil KB, atau menopause biasanya terganggu keseimbangan hormon estrogen dan progesteronnya. Makanya, ketika waktu-waktu tersebut terjadi, kulit bisa menjadi lebih gelap. Biasanya hal ini terjadi pada area wajah, leher, dan lipatan tubuh.

5. Iritasi

Iritasi

Penyebab lainnya yang membuat kulit jadi gelap adalah iritasi. Jika Anda jerawatan parah, maka sangat mungkin jerawat itu akan meninggalkan bekas. Nah, bekas jerawat tersebutlah yang membuat kulit jadi gelap. Iritasi tidak melulu ketika kulit terluka, bisa saja karena Anda terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung. Makanya, jangan lupa pakai sunblock, ya!

6. Kurang Air Putih

Kurang Air Putih

Semua masalah nampaknya dapat diselesaikan dengan air. Kulit Anda kering? Minum air! Ingin langsing? Minum air! Tidak mau kulit menggelap? Ya minum air juga!

Selain menghilangkan dahaga, air memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh Anda, untuk segi kecantikannya yaitu dapat melembabkan dan mengencangkan kulit. Sekurang-kurangnya minumlah 8 gelas air setiap hari, ya!

7. Gizi Tidak Seimbang

Gizi Tidak Seimbang

Bukan cuma kalau kekurangan air, ternyata jika tubuh diberi asupan gizi yang tidak seimbang, kulit pun bisa terkena dampaknya. Begitu pula orang yang malas makan sampai malnutrisi, kulitnya bisa jadi kusam, kering, dan menghitam, loh!

Supaya kulit Anda tetap sehat dan cantik, konsumsilah makanan 4 sehat 5 sempurna. Hindari makanan instan, minuman soda, serta minuman berenergi, karena semua itu mengandung MSG dan pemanis buatan yang tidak baik untuk kulit.

8. Merokok

Merokok

Ternyata selain dapat merusak organ dalam dan membuat gigi kuning, rokok juga dapat membuat kulit jadi kusam dan terlihat lebih gelap, loh! Rokok akan menghancurkan kolagen di dalam kulit, sehingga kulit Anda pun akan lebih cepat kusam dan keriput daripada orang yang tidak merokok.

9. Kurang Tidur

Kurang Tidur

Bukan cuma yang Anda konsumsi saja, ternyata begadang dapat mempengaruhi produksi pigmen di dalam kulit juga. Semua ini karena orang yang kurang tidur peredaran darahnya tidak lancar, sehingga asupan oksigen untuk kulit pun terhambat. Sebaiknya tidur minimal 6 jam sehari pada malam hari jika Anda ingin terhindar dari hiperpigmentasi.

10. Stres

Stress

Siapa sangka kalau stres berpengaruh pada kulit juga? Di dalam tubuh ada tiga macam hormon pemicu stres, yaitu kortisol, norepinephrine, dan adrenokortikotropik. Semua itu jika sedang naik, dapat mengaktifkan tyrosinase dan melanosit yang mengakibatkan pigmentasi pada kulit. Hal ini berlaku juga ketika Anda letih dan lesu, ya.

11. Salah Skincare dan Makeup

Salah Skincare dan Makeup

Maraknya produk perawatan dan kecantikan kulit membuat siapa saja tergiur menggunakannya. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit, karena ada produk yang dijual di mini market, swalayan, super market, hingga kios dan toko online.

Sayangnya, kadang orang lupa kalau skincare dan makeup tertentu bukan untuk semua orang. Soalnya, skincare dan makeup mengandung bahan tertentu yang bisa saja memicu alergi untuk sebagian orang. Jadi, kalau teman Anda cocok pakai skincare A, belum tentu Anda cocok juga.

Lalu, penggunaaan makeup yang dibuat dari bahan tidak berkualitas seperti makeup KW, atau makeup yang kadaluarsa misalnya. Adapun makeup yang belum ada nomor BPOMnya. Jangan pernah pakai makeup yang belum dilabelkan aman oleh BPOM karena bisa saja mengandung paraben tinggi dan bahan berbahaya lainnnya.

Nah, semua itu tentu sangat tidak baik ketika Anda pakaikan ke kulit. Alih-alih tampil cantik, yang ada kulit Anda bisa jadi rusak. Pemakaian makeup yang terlalu banyak dan lama pun tidak baik untuk kulit. Apalagi kalau Anda tidak menghapusnya sebelum tidur. Selain membuat kulit jadi kusam, pori-pori pun akan tersumbat dan memicu ke masalah lain seperti komedo serta jerawat.

12. Penuaan

Penyebab yang satu ini mungkin yang paling tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti tidak bisa dicegah. Semakin bertambahnya usia, tentu kulit akan berubah jadi tidak selentur dan sekenyal sewaktu muda. Semua itu karena kadar kolagen di kulit akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Supaya kulit awet muda terus, rawat dengan Rahasia Tips Awet Muda.

13. Radikal Bebas

Radikal Bebas

Jerawat Jerawat adalah salah satu masalah wajah yang seolah tak pernah berhenti menghantui. Jerawat tidak hanya menganggu penampilan. Namun bekas jerawat pun juga bisa menjadi pemicu hiperpigmentasi kulit. Luka pada kulit yang disebabkan oleh terapi laser atau dermabrasi biasanya rentan mengalami penggelapan. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dalam mengatasi jerawat. Pastikan kamu mengambil tindakan yang tepat. Jangan menggunakan krim atau obat abal-abal. Kamu bisa memanfaatkan perawatan dengan bahan alami (misalnya lidah buaya) atau berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin yang telah berpengalaman.

Anda mungkin sering mendengar istilah radikal bebas, tapi apakah Anda mengerti maksudnya? Walaupun ada sisi positifnya, radikal bebas merupakan molekul “jahat” yang dapat merusak tubuh serta lingkungan.

Radikal bebas ada di mana-mana, namun terdapat lebih banyak di tempat dengan polusi udara tinggi. Tak hanya memicu penyakit berbahaya seperti kanker, radikal bebas juga berpengaruh dalam kecantikan kulit. Jika Anda terlalu banyak terpapar radikal bebas, maka kulit bisa terlihat kusam dan gelap.

14. Olahraga

Berolahraga

Seperti yang kami bahas di atas, jika sirkulasi darah tidak lancar, maka oksigen di dalam darah pun berkurang. Nah, hal ini sangat berpengaruh pada pigmentasi. Jika Anda ingin kulit terhindar dari flek, kering, kusam, dan tanda penuaan, berolahragalah!

15. Genetik

Genetik

Faktor penyebab warna kulit jadi gelap yang terakhir adalah karena gen. Jika di keluarga Anda semuanya berkulit gelap, tentunya sangat aneh jika Anda putih sendiri, kan?

Yup, itulah penyebab-penyebab warna kulit gelap yang telah Kebutuhan Gadis rangkum untuk Anda. Selain faktor yang sudah kami sebutkan di atas, tentu masih ada beberapa penyebab lainnya seperti reaksi alergi, sakit, dan pengonsumsian obat tertentu. Anda tahu penyebab lainnya? Tambahkan di kolom komentar, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here